Mufarida Purnamaningsih

Wanita Biasa yang selalu mengharap RidhoNya ALUMNI UNNES.......

Selengkapnya
BELAJAR DARI MASA LALU
melangkah untuk masa depan

BELAJAR DARI MASA LALU

BELAJAR DARI MASALALU

Benarlah kiranya kita sebagai manusia belajar sepanjang hayat, dan belajar dari apapun asalkan ada hikmah yang bisa kita ambil. Seperti halnya hari ini, mengajar materi Sejarah membuat saya berfikir betapa perlunya kita belajar dari masalalu. Setiap peristiwa yang pernah terjadi pada hidup kita apalagi jika itu adalah suatu hal yang membuat kita terluka ataupun menjadikan kita menjadi manusia yang berbeda, hendaknya kita ambil hikmah dan pelajaran daripadanya.Setiap manusia pasti akan mendapatkan cobaannya masing -masing entah itu di masalalu atau pun masa sekarang. Sebuah keuntungan bagi kita seandainya kita mau belajar dari pengalaman masalalu tersebut. Tentang bagaimana kita menghadapinya, menyelesaikannya jika itu adalah masalah,dan bagaimana kita bersikap agar kita tidak merasa terlalu berat.

Setiap kita sedang diuji ataupun diberikan cobaan oleh Allah, kebanyakan dari kita akan merasakan bahwa hal itu sangatlah sulit, akan tetapi tentunya kita juga harus berfikir dengan kita diberikan cobaan sedemikian rupa , akan menambahkan wawasan dan pandangan baru kita tentang kehidupan ini. Saya pernah berfikir dan berusaha untuk menghilangkan masa lalu yang kelam, tetapi dalam perjalanannya akhirnya cobaan itu membuat saya semakin kuat, tidak rapuh dan tidak menghancurkan diri saya. Sejak itulah saya pun mulai untuk menyusun langkah, menganalisa potensi apa yang saya miliki dan terus menjadikan diri sebagai orang yang beruntung di berikan nikmat cobaan itu.

Saya memutuskan untuk menjadi orang yang terus belajar tentang kehidupan, dan menikmati setiap waktu yang saya lewati. Keyakinan bahwa setiap peristiwa merupakan proses penyingkapan tabir keIllahian. Peristiwa masalalu seperih apapun pastinya ada hikmahnya untuk diri kita. Jangan berburuk sangka pada Allah atas apa yang terjadi pada kita, karena hal itu sebenarnya merupakan wujud dari kasih sayangNya, Dia hanya ingin kita untuk lebih dekat denganNya, memohon padaNya sebagai wujud pengakuan kita dengan adanya diriNya.

Melihat masa lalu kita hendaknya kita buka mata kita lebar- lebar untuk kehidupan yang baru, ingatlah diluar sana masih banyak orang yang mungkin lebih susah dari diri kita. Seperti dalam firman Allah pada Q.S. Al Balad ayat 4 yang artinya : “ sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah”. Dari penggalan ayat tersebut jika kita mau menghayatinya akan kita bisa melihat bahwa semua manusia pasti mengalami kesusahan dan kesulitan, sehingga hendaknya kita tidak memandang kita lebih susah dari orang lain, apapun yang kita alami dan sesulit apapun yang kita rasakan. Setiap manusia tidak ada yang sesantai dan sesempurna itu, sebanyak apapun harta, setinggi apapun jabatan ataupun kekuasaannya pasti mengalami yang namanya kesulitan. Mungkin hanya bentuknya saja yang berbeda tapi rasanya adalah sama yaitu SUSAH.

Mari kita ubah diri kita untuk lebih bersungguh – sungguh dalam ketaatan kepada Allah dan mengangkat derajat kita di hadapanNya. Ingatlah bahwa Allah selalu memberikan jalan dan rezeki dari jalan yang tidak disangka – sangka bagi orang yang bertakwa. Jadikan pengalaman hidup kita untuk lebih bersyukur atas kehidupan ini.

Belajar dari masa lalu membuat kita belajar banyak hal, diantaranya adalah :

· Bagaimana kita melihat masa depan dengan semangat dan optimisme yang tinggi serta bertawakal kepada Allah

· Bagaimana kita menggapai cita – cita dan masa depan kita yang baik

· Bagaimana memulai perubahan dalam hidup ini, dengan memulainya dari diri sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali